Teras Berkonsep Taman Nan Sejuk

Siapa yang tak ingin memiliki rumah dengan tampilan menawan ? pastinya semua orang berfikiran seperti itu. Kerap kali kita berfikir dalam mendesain teras rumah yang nyaman memerlukan biaya yang banyak. Padahal dengan material yang sederhana dan aplikatif kita bisa mendesain teras rumah kita secara menarik bahkan dapat merespon lingkungan.

Dengan desain yang mampu merespon lingkungan tentunya tidaklah terlalu menyedot budget kita, tergantung dari kita masing-masing harus lebih kreatif dan inovatif. Misalnya teras rumah di desain dengan menambah sebuah taman kecil lengkap dengan berbagai tanaman natural yang menjadi penunjang keindahan taman.

Hal ini hanya menuntut kita untuk memikirkan jenis tanaman apa yang dapat menjadi pengisi ditaman dekat teras rumah,dan perawatan yang rutin agar tanaman tidak cepat mati, sehingga hasilnya akan memuasakan.

Untuk ukuran teras sendiri dapat menyesuaikan dengan ukuran rumah kita dan harus proporsional. Teras ini sendiri sebenarnya tidak hanya terdesain lebih dekat dengan alam akan tetapi teras dengan desain ini akan membuat suasana rumah menjadi lebih sejuk karena udara yang masuk kerumah akan lebih bersih.

Untuk menampilkan kesan natural anda dapat memadukan dengan :

  1. batu bata dan kayu dapat menjadi pilihan untuk dinding dan plafon. Batu bata merah akan sangat berpadu dengan keadaan taman yang hijau sehingga hasilnya tidak akan bertolak belakang. Selain itu kita juga dapat menata tanaman yang kita tanam dalam pot secara berjejer, entah itu vertikal atau horizontal. Medianya adalah kayu, sedangkan desainya kita bisa membuat semacam bingkai atau kolom dari kayu tersebut sehingga bisa digunakan untuk meletakan tanaman dalam pot. Dengan konsep ini teras akan lebih hidup dan terkesan lebih rapi meskipun berdekatan dengan taman.
  2. Batu alam yang disusun agar menjadi air terjun mini. Dengan begitu suasana area taman anda menjadi lebih sejuk dan dingin. Bisa juga ditambahi dengan ikan ikan hias di area taman
  3. Menggunakan dinding batu alam agar menyatu dengan warna rumput yang hijau
  4. Pemilihan pot juga penting untuk menambah kesan natural pada taman anda. Yaitu dengan memilih pot granit agar taman anda lebih natural dan terkesan alam. Selain pot granit, pot cor dengan berbagai motif yang disajiakan bisa menambah nuansa alam nya
  5. Usahakan pemilihan interior teras lebih menyatu dengan taman
  6. Disarankan pemilihan lampu untuk teras lebih baik menggunakan lampu berwarna kuning

Karena desain teras ini dekat dengan taman, desainya tentu akan berbeda dengan teras-teras kebanyakan diluaran sana.  Misal bahan material lantainya menggunakan keramik dengan permukaan yang agak kasar agar tak licin jika terkena air. Kemudian untuk warna dinding teras juga harus dipertimbangkan dan sesuai dengan keadaan sekitar yang didominasi oleh warna hijau dari taman itu sendiri tentunya. Bisa juga dinding taman menggunakan batu alam yang disusun sesuai konsep awal anda

Dengan demikian teras tak hanya terlihat asri juga bisa menjadi salah satu vocal point tersendiri.  Berkreasi dalam mendesain hunian kita tak perlu dengan biaya yang mahal. Kenapa harus banyak mengeluarkan banyak biaya sedangkan kita bisa mendesain rumah dengan konsep yang ramah lingkungan dan nyaman untuk tempat melepas lelah. Tentunya ini merupakan solusi dari berbagai permasalahan yang berkaitan denag teras rumah.

Berikut sebagian contoh teras rumah yang suasananya menyatu dengan alam :

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *