Tips Mewujudkan Rumah Ramah Lingkungan

 

Dari sisi arsitektual , efek dari pemanasan global dapat kita antisipasi dengan penerapan desain rumah yang hemat energi serta ramah lingkungan. Desain rumah kebanyakan pada saat ini tidak begitu mempertimbangkan aspek keseimbangan lingkungan sekitar. Banyak yang mendesain rumah hanya mementingkan nilai estetikanya saja, akan tetapi tak memikirkan juga penggunaan energi listrik yang berlebihan sehingga akan banyak berpengaruh terhadap beberapa hal yang seharusnya itu menjadi tanggung jawab bersama. Disini kami akan membahas tentang penerapan konsep yang pas untuk rumah anda dengan konsep yang minimalis dan bisa sedikit mengurangi penggunaan listrik.

1. Penggunaan Atap Yang Tepat

Menggunakan atap yang tepat dapat mengurangi panas ruangan akibat panas matahari dari luar. Suatu misal atap genteng adalah alternatif terbaik untuk menciptakan ruangan rumah sedikit sejuk karena genteng bisa menyerap panas dengan baik jika dibandingan dengan asbes atau atap yang terbuat dari seng atau metal. Dengan demikian kondisi di dalam rumah akan sedikit terasa sejuk disiang hari sehingga kita dapat meminimalkan penggunaan AC atau kipas angin.

 2. Memberikan Banyak Ventilasi

Dengan memberikan beberapa ventilasi keadaan rumah anda tidak akan terasa pengap. Dengan adanya bukaan ini sirkulasi udara sehat dapat terjadi secara berkelanjutan.  Memberikan bukaan ini juga akan sedikit mengurangi penggunaan energi listrik kenapa tidak karena dengan ventilasi ataupun jendela ruangan akan terasa sejuk dan hal ini akan mengurangi penggunaan alat pendingin ruangan.  Disisi lain jendela atau ventilasi juga dapat membantu pencahayaan pada rumah sehingga rumah akan tampak lebih terang

3. Mengkonsep Rumah Natural

Mengkonsep rumah natural disini maksudnya kita seolah berinteraksi langsung dengan alam. Dengan memberikan taman minimalis dan tanaman hijau akan menjadikan suasana rumah semakin sejuk. Taman sendiri bisa kita posisikan di depan , samping, atau bahkan didalam rumah sehingga selain dapat menambah kesan sejuk juga dapat menambah nilai estetika pada rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *