Kriteria Rumah Sehat

Rumah yang baik, tidak harus besar dan mewah, tetapi harus memenuhi syarat kesehatan, sehingga para penghuninya dapat beraktivitas dengan nyaman tanpa rasa was was takut jika dirumah terkena berbagai bibit penyakit yang berbahaya. Rumah yang besar dan mewah merupakan dambaan setiap orang akan tetapi rumah yang sehat merupakan pilihan bagi siapa saja entah itu rumahnya berukuran sederhana ataupun mewah. Pola hidup sehat seperti rajin olahraga, makan teratur, dan jam tidur yang juga teratur adalah salah satu kebiasaan yang dapat mempengaruhi keadaan rumah pula. Jika penghuninya berpola hidup sehat maka rumahnya cenderung menjadi rumah yang sehat karena kesadaran bahwa kesehatan itu merupakan aset yang berharga untuk kita. Agar penghuni rumah menjadi sehat ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengurus rumah .

1. Ventilasi Udara

Rumah sehat harus memiliki ventilasi udara yang cukup, agar sirkulasi udara lancar dan udara menjadi segar. Ventilasi udara membuat kadar oksigen di dalam rumah tetap terjaga sekaligus menjaga kelembapan rumah. Dengan ventilasi yang cukup maka keadaan udara di dalam rumah akan terasa segar karena pergantian udara akan terjadi secara kontinyu. Selain itu dengan kita mengaplikasikan ventilasi yang cukup juga bisa menghemat penggunaan listrik untuk pendingin ruangan.

2. Atur Cahaya Di Dalam Rumah

Kriteria rumah sehat yang kedua harus mempunyai sistem pencahayaan yang baik. Rumah yang kekurangan cahaya akan terasa lembab dan rawan terhadap bibit penyakit yang dapat menganggu kesehatan keluarga. Pencahayaan dapat diperoleh dari jendela atau ventilasi rumah, atau juga bisa di peroleh dari genteng kaca. Hal lain yang perlu diketahui adalah jumlah atau kapasitas cahaya yang masuk kedalam rumah, jika terlalu banyak cahaya akan membuat mata menjadi sakit dan ruangan akan terasa gerah sehingga kurang nyaman.

3. Lantai

Lantai rumah yang kedap air merupakan opsi terbaik yang dapat di pilih untuk rumah sehat. Misalnya ubin, keramik,kayu dan bahan kedap air yang lainya. Lantai yang berdebu dapat menimbulkan berbagai bibit penyakit, terlebih jika lantai becek maka bakteri akan cepat berkembang pada daerah-daerah yang lembab.

4. Suplai Air Bersih yang Cukup

Air merupakan kebutuhan yang sangat pokok bagi kehidupan makluk hidup di bumi terutama manusia. Selain untuk diminum air bersih juga digunakan untuk mandi, mencuci pakaian, mencuci perabotan rumah tangga seperti perabot dapur  dan sebagainya. Meskipun hanya untuk mencuci pakaian ataupun yang lain, air yang digunakan harus benar-benar air bersih yang memenuhi standar air sehat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *