Tips Desain Rumah Pada Suhu yang Panas

Dari efek pemansan global yang terjadi pada saat ini banyak mengakibatkan beberapa dampak yang kurang baik untuk kehidupan. suatu misal suhu yang semakin panas sehingga membuat kondisi menjadi tidak nyaman. Dengan adanya pemanasan global kita dituntut agar lebih peduli terhadap lingkungan dan memperhatikan keadaan sekitar. Hal ini juga berdampak terhadap model desain rumah yang harus bisa menyesuaikan dengan keadaan yang terjadi saat ini. Kita harus pandai dalam merancang desain hunian kita utamanya rumah-rumah yang ada di perkotaan besar seperti Jakarta, Surabaya, dan lain-lain.

Desain rumah yang terdesain untuk menyesuaikan pemanasan global biasanya terancang berbeda, suatu misal pada penggunaan atap yang tidak dari jenis bahan selain genteng, kemudian ukuran tinggi rumah yang relatif lebih tinggi dari rumah-rumah yang berada di daerah pegunungan atau daerah bersuhu rendah. Jarak lantai dengan plafon yang lebih tinggi juga berpengaruh, membuat udara dalam ruangan tidak pengap. Penerapan ventilasi yang multifungsi juga sangat berperan dalam desain rumah ini, ventilasi multi fungsi maksudnya selain untuk mengalirkan udara dari luar rumah juga dapat memberi nilai estetika untuk rumah anda. Dari strategi-strategi yang kita terapkan diatas akan membuat kita bisa meminimalkan penggunaa listrik yang digunakan untuk pendingin ruangan seperti AC (Air Conditioner) atau kipas angin.

Ada beberapa langkah yang dapat kita tempuh untuk menciptakan desain rumah kita utamanya bagian esterior dan interiornya, msalnya pada bagian eksterior kita desain dengan tanaman-tanaman hijau yang akan memberi kesan sejuk, selain itu penanaman pohon juga dapat kita lakukan apabila kita mempunyai halaman yang cukup, suatu misal pohon buah rambutan atau kelengkeng yang berdaun rimbun sehingga akan sedikit mengurangi rasa panas yang berlebihan. Hal diatas adalah beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk desain eksterior, sedangkan untuk interiornya kita bisa memperhatikan ventilasi yang berfungsi untuk sirkulasi udara yang baik, posisi ventilasi diusahakan menghadap arah angin sehingga udara bisa masuk dengan maksimal, Sehingga ruangan akan sedikit terasa sejuk.

Kesimpulanya dampak dari suhu yang panas seperti yang terjadi pada saat ini kita harus benar-benar mempertimbangkan model rumah kita mulai dari ukuran, bentuk, dan strategi yang dapat kita ambil agar dapat mengurangi pansa yang terjadi saat ini. Mendesain rumah nyaman tidak harus mengeluarkan budget yang mahal tetapi lebih ke efisiensi biaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *